Search

Peran Perempuan dalam Bidang STEM di Perayaan Brigid’s Day

Updated: Mar 4, 2020

Merayakan Brigid’s Day yang jatuh pada 1 Februari, Kedutaan Besar Irlandia di Indonesia melakukan beberapa kegiatan untuk merayakan para pelopor perempuan di Irlandia. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu Seminar dan Diskusi terkait Perempuan dan Pekerjaan Masa Depan di Bidang STEM. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 7 Februari 2020 di Greenhouse Multivision Tower, Jakarta. Setelah terlibat sebagai panelis ditahun 2019, Rumah Main STrEAM kembali diundang untuk hadir di tahun ini. Melalui kegiatatan ini kami mencoba untuk mempromosikan dunia STEM, khususnya terkait apa yang selama ini kami kerjakan seperti pelatihan Guru, pelibatan Orangtua, dan pengenalan pembelajaran STEM kepada anak-anak.


Kegiatan yang menjadi bagian dari perayaan Brigid’s Day ini juga bekerjasama dengan ILO (International Labour Organization) di Indonesia. “ILO sadar bahwa dimasa mendatang akan banyak pekerjaan yang hilang atau tergantikan, sehingga kita perlu mempersiapkan diri dengan meningkatakan kapabilitas SDM untuk menghadapi masa depan. melalui proses belajar STEM, kami percaya peningkatan kapabilitas tersebut dapat dilakukan” Ungkap Santy Otto, Koordinator Women in STEM ILO.


Seminar dan Diskusi menghadirkan pembicara dan panelis-panelis yang bekerja dibidang STEM. Sebagai pembicara pembuka seminar, Kedutaan besar Irlandia menghadirkan Dr. Fiona Malone yang merupakan peneliti dan pemenang penghargaan pada bidang Biomedical Engineering di Irlandia. Beliau menceritakan tentang pengalaman dan aktivitasnya sebagai peneliti, ilmuwan, dosen, science communicator, dan komika (Stand Up Comedian). Wow.. kombinasi yang sangat menarik yah, selama ini kita suka membayangkan bahwa seorang peneliti dan ilmuwan adalah seseorang yang sangat serius, namun ternyata sepanjang Dr. Fiona Malone menceritakan pengalaman hidupnya penuh dengan canda tawa dan kami dapat mengerti tentang penelitiannya membuat model 3 dimensi jantung manusia.


Pada diskusi panel, bersama Dr. Fiona Malone hadir perempuan – perempuan hebat di bidang STEM diantaranya, Anantya von Bronckhorst Co-CEO Think Web Digital & Technology Agency, Clorinda Kurnia Wibowo selaku Research Analyst di WRI Indonesia, Hastu Wijayasri dari Wonder Koding yang merupakan Mahasiswa UIN Yogyakarta, dan Silvia Halim Direktur Konstruksi MRT Jakarta.

Diskusi panel diawali dengan menggali keterlibatan para panelis di bidang STEM saat ini, dan apa yang akan mereka ingin lakukan kedepannya. Selanjutnya panelis mengungkapkan terkait masih banyaknya tantangan yang dihadapi oleh setiap perempuan ketika memutuskan untuk berkarir di bidang STEM. Tetapi mereka juga percaya bahwa banyak hal yang dapat dilakukan sehingga lebih banyak lagi keterlibatan perempuan dalam pekerjaan-pekerjaan di bidang STEM. Hal-hal yang dapat dilakukan misalnya memperjuangkan kesetaraan proporsi pekerja perempuan dan laki-laki di kantor, menjadi Role Model untuk anak-anak atau remaja, serta mengajak keterlibatan semua pihak termasuk laki-laki terkait isu ini.


Sebagai rumah kedua bagi keluarga, masyarakat, dan sekolah untuk terlibat dalam pembelajaran dan bermain berbasis STEM di Indonesia, kami di Rumah Main STrEAM mencoba mengambil bagian dalam hal pengenalan dan pengembangan STEM di Indonesia termasuk pada perempua. melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang tua, guru, dan anak, kami berharap bisa membangun kepercayaan diri dan kapabilitas anak-anak untuk bekerja di bidang STEM di masa depan.


-Rumah Main STrEAM-

10 views0 comments

Rumah Main STrEAM

Jl. Salvia V Blok UC no.16 Sektor 1.2 BSD City, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15318

rumahmainstream@gmail.com

Phone: +62 811-9377-836

  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon

What can we help you with?

Rumah Main STrEAM

  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon