Mengenal Dunia Melalui Menara Kertas

Mengenal Dunia Engineering lewat Menara Kertas di Generation STEM Conference



Sabtu (15/02/2020) SWE Jakarta (Society of Women Engineers) berkolaborasi bersama Rumah MainSTrEAM berpartisipasi dalam kegiatan Generation STEM Conference yang dilaksanakan oleh Jakarta Intercultural School. Konferensi ini adalah bagian dari perayaan Hari Internasional untuk perempuan dalam bidang sains. Pada kegiatan ini juga diundang beberapa ahli perempuan yang berkarir dibidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Math), diantaranya Tania Soerianto (Traveloka), Cpt. Esther Gayatri Saleh (Women in Aviation), Tengku Alia (MRT Jakarta), dan Vania Radmila (Gojek). Dalam konferensi ini, mereka berbicara tentang perkembangan STEM yang merupakan subjek yang semakin penting dalam bidang pendidikan di Indonesia dan Industri 4.0.


Pada acara ini, kami berkesempatan untuk melaksanakan workshop kepada para peserta konferensi, yang sebagian besar merupakan siswa sekolah menengah atas di Jakarta. Pada workshop kali ini kami mencoba untuk menjelaskan bagaimana dampak Engineering terhadap lingkungan masyarakat. Kami memulai workshop dengan menampilkan cuplikan dari film Dream Big : Engineering Our World. Setelah itu kami mengajak para peserta workshop untuk mencoba dunia engineering melalui aktivitas sederhana, yaitu membuat menara kertas.

Kegitan membuat menara kertas dimulai dengan membagi peserta kedalam empat kelompok. Kemudian kami membagikan alat dan bahan berupa kertas koran bekas, gunting, dan masking tape dalam jumlah yang sama. Ketika semua peserta siap, kompetisi pun dimulai, setiap tim diminta untuk membuat menara kertas setinggi-tingginya menggunakan alat dan bahan yang sudah disediakan tersebut.

Melalui kegiatan ini setiap peserta bisa merasakan bagaimana mengerjakan suatu proyek yang mereka harus mempertimbangkan banyak hal, seperti jumlah sumber daya yang mereka miliki dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Melalui aktivtitas ini mereka juga akan mengenal beberapa dasar dari bidang engginering yaitu penggunaan bahan, merancang bentuk, membuat, dan membangun, yang dalam aktivitas ini mereka membangun sebuah menara kertas.

-Rumah Main STrEAM-

54 views0 comments